cover
Contact Name
Venny Karolina
Contact Email
jurnalkpk@untan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalkpk@untan.ac.id
Editorial Address
UP4I FKIP Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
Core Subject : Education, Social,
Journal of Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (JKPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JKPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of education, school principals, school supervisors, and students of Bachelor/Postgraduate/Doctoral programs to publish their research reports or literature review articles. JKPK receive all manuscripts related to original empirical research, theoretical or methodological contributions, literature reviews, and meta analyses on the topics related to teaching and learning in various field such as: 1. Teaching and Learning Mathematics 2. Teaching and Learning Science 3. Teaching and Learning Social Science 4. Teaching and Learning Language and Literature 5. Teaching and Learning Art and Music 6. Teachers and pre-service teachers’ knowledge 7. Theory and Practice in learning 8. Classroom management 9. Education policy
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): April 2020" : 13 Documents clear
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE BERVARIASI PADA SISWA KELAS 1 SD SEPONTI Mahyan, Mahyan
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.983 KB) | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v4i1.40882

Abstract

AbstrakKeberhasilan pembelajaran matematika ditentukan oleh bagaimana guru merencanakan, melaksanakan dan menilai dan tujuan yang telah ditetapkan. Metematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan menggunakan rumus matematika sederhana yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi mengenal segi tiga, segi empat, dan lingkaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika Kelas 1 semester II SDN 2 Seponti Jaya Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus 3 diketahui bahwa dalam proses pembelajaran menggunakan metode bervariasi ada 3 indikator yang belum berhasil dengan baik tetapi sudah terlaksana. Dari data yang dihimpun dari observasi pengamat didapatkan bahwa keberhasilan guru baru 10 indikator dari 13 indikator yang direncanakan, atau 77%. Berdasarkan observasi didapatkan nilai rata-rata yang dicapai sisa adalah 71,7. Nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 9. Sedangkan nilai terendah yang dicapai siswa adalah 4. Siswa yang mendapat nilai dibawah 70 sejumlah 5 siswa yakni 17,85 %, yang mencapai nilai 70 ke atas sejumlah 23 siswa atau 82,12 %.Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Bervariasi, Matematika
PEMBELAJARAN MATERI LUAS TRAPESIUM DAN LINGKARAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA SEKOLAH DASAR Samsuri, Samsuri
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.996 KB) | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v4i1.40877

Abstract

AbstrakKurangnya pengetahuan tentang bagaimana mengimplikasikan matematika di dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran matematika dan kurangnya kemampuan matematika guru, menjadi kendala di dalam pembelajaran matematika. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi, bentuk RPP dan skenario pembelajaran Matematika di kelas VI SDN 001 Teluk Sebong, dengan menerapkan model pembelajaran STAD, dengan tahapan sebagai berikut; (1) Guru membentuk kelompok, anggotanya 3 orang secara heterogen; (2) Guru menyajikan pelajaran; (3) Guru memberi tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. (4) peserta didik yang bisa mengerjakan soal, menjelaskan kepada anggota kelompok lainnya sehingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti. ; (5) Guru memberi kuis kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu. (6) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki nilai/poin; (7) Guru memberikan evaluasi; (8) Penutup. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran koopratif STAD, dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran.Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Materi Luas Trapesium dan Lingkaran, Kegiatan Pembelajaran.
PENINGKATKAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS SEKOLAH MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL DI SMPN 1 SUNGAI RAYA Riyadi, Slamet
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.869 KB) | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v4i1.40888

Abstract

AbstractThe principal has a great duty and responsibility in encouraging and facilitating the quality of educational program at a school. One of this is carrying out the main managerial duty and supervisory on teachers and education staff. According to the results of managerial supervision that have been carried on from January to April 2018, it was obtained 56% of all components of students management. To overcome this matter, the researcher has conducted a School Action Research entitled The Principal’s Effort In Improving Students Management Of School-Based Through Managerial Supervision of Smp Negeri 1 Sungai Raya. This research was conducted by involving the vice principal of students affairs and administration staff. The target of this research is the achievement of vice principal of students affairs and administration staff in the students management of school-based. The students management of school-based is a regulation for students that is began when they registered as the student until they have graduated at the school. This research was conducted through two cycles, in the first cycle 75% was obtained with good qualifications and 4 incomplete components of 25% with medium qualifications. In the second one, all components of the management of students have completed (100%). Based on these results, the principal has more motivation to improve the achievement of other school employees in order that completion of school administrative duties run better.Keywords: Principal, Student Management, Managerial Supervision
PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DIKELAS DENGAN STRATEGI LESSON STUDY BAGI GURU SMP NEGERI 5 KETAPANG Rosita, Rosita
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.826 KB) | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v4i1.40883

Abstract

AbstrakPelaksanaan strategi lesson study dalam meningkatkan kemampuan guru dan peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Ketapang. Tujuan penelitian Makalah ini adalah : untuk melihat proses pelaksanaan pembelajaran dikelas dengan strategi lesson study dalam memperbaiki kemampuan guru untuk menerapkan proses belajar mengajar yang aktif dan kreatif di SMP Negeri 5 Ketapang serta untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik dalam pelaksanaan strategi lesson study di SMP Negeri 5 Ketapan. Pada kegiatan strategi lesson study yang dilaksanakan pada 4 mata pelajaran didapat kan hasil yang berbeda-beda dari setiap pertemuan dan pengajaran. Hasil yang didapat adalah yaitu terjadinya peningkatan aktifitas belajar siswa hal ini dikarenakan guru yang mengikuti lesson study bisa mengembangkan perangkat pembelajaran dengan maksimal dengan dibantunya tim observer yang sebagai tim penilai pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan strategi lesson study bisa meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik dengan secara maksimal.Kata Kunci: Pelaksanaan, Proses Pembelajaran, Strategi Lesson Study.
UPAYA MENINGKATAN KOPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 8 KETAPANG Harto, Budi
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.76 KB) | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v4i1.40878

Abstract

AbstractThis research aims to know the proer steps in achieving academic supervision thus being able to improve teacher pedagogical competencies primarily in the learning process that will eventually affect the quality of education. So resarch is done on two cycles. On every cycles has differentplanning, implementation, observation, and reflection. The principal and teacher’s research subjects. The principal with his academic supervision act, while the 8 Ketapang public school teacher of the country was both object and subject to the administering of academic supervision. The technique of data collection through class supervision stage in the learning process, to record importand events related to research particularly at the time of the learning process. Research shows that teacher’s ability to implement the learning process experiances an increase of percentage per step from cycle I to an average of 63% (enough) and to cycle II to an average of 68% (good).there is a 5% increase in teacher’s ability in this cycle I. There is a significant increase in the initial conditions of the school whwn compared with the final conditions of the second cycle II. Teacher punctuality gets into the classroom increases 48%, media utilization increases 32%, variative methods increase 31%, and study strategies increase 36%.Keywords: Pedagogical Competencies, Academic Supervision, and Improved Middle Education Quality (SMP).
UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU DALAM MENYUSUN LAPORAN PTK MELALUI PEMBIMBINGAN TERFOKUS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF Setiyadi, Imam
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.8 KB) | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v4i1.40884

Abstract

AbstrakPenelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini berangkat dari permaslahan yang ada dilapangan khususnya di sekolah binaan, judul penelitian adalah “Upaya Peningkatan Pemahaman Guru Dalam Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas Melalui bimbingan Terfokus Dengan Pendekatan Kolaboratif di Sekolah Binaan”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: (1) Secara umum, untuk meningkatkan pemahaman guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas, dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran. (2) Secara khusus, untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan terfokus dengan pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru menyusun laporan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti di sekolah binaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan penilaian laporan hasil penelitian tindakan kelas dari guru yang menjadi subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua periode siklus tindakan, dengan menerapkan penjelasan secara kelompok dan bimbingan individu, dengan subyek penelitian 2 sekolah yang terdiri dari 11 orang guru di wilayah Sekolah binaan di Kabupaten Ketapang. Dari hasil penelitian tindakan sekolah terbukti adanya peningkatan pemahaman yaitu : Sebelum diberi penjelasan skor pemahaman guru 2,2 naik menjadi 3,4 setelah bimbingan secara kelompok, dan pada pembimbingan individu naik menjadi 3,57. Oleh karena itu dengan tidak memperhatikan kemungkinan lain yang bisa terjadi, maka hipotesa tindakan penelitian ini dapat diterima kebenarannya.Kata kunci: Kemampuan Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Pembimbingan Terfokus, Pendekatan Kolaboratif.
MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN PENGAJARAN BERBASIS INKUIRI DI SD TELAGA ARUM Mulyadi, Mulyadi
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.389 KB) | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v4i1.40879

Abstract

AbstrakUntuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah diterapkannya pengajaran berbasis inkuiri. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pengajaran berbasis inkuiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Telaga Arum semester genap tahun pelajaran 2019/2020 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62,50%), siklus II (75,00%), siklus III (87,50%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran berbasis inkuiri dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas V SDN 4 Telaga Arum semester genap tahun pelajaran 2019/2020, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPAKata Kunci: Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Pengajaran Berbasis Inkuiri
UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU DALAM MENYUSUN LAPORAN PTK MELALUI PEMBIMBINGAN TERFOKUS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF Setiyadi, Imam
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v4i1.40885

Abstract

AbstrakPenelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini berangkat dari permaslahan yang ada dilapangan khususnya di sekolah binaan, judul penelitian adalah “Upaya Peningkatan Pemahaman Guru Dalam Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas Melalui bimbingan Terfokus Dengan Pendekatan Kolaboratif di Sekolah Binaan”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: (1) Secara umum, untuk meningkatkan pemahaman guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas, dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran. (2) Secara khusus, untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan terfokus dengan pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru menyusun laporan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti di sekolah binaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan penilaian laporan hasil penelitian tindakan kelas dari guru yang menjadi subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua periode siklus tindakan, dengan menerapkan penjelasan secara kelompok dan bimbingan individu, dengan subyek penelitian 2 sekolah yang terdiri dari 11 orang guru di wilayah Sekolah binaan di Kabupaten Ketapang. Dari hasil penelitian tindakan sekolah terbukti adanya peningkatan pemahaman yaitu : Sebelum diberi penjelasan skor pemahaman guru 2,2 naik menjadi 3,4 setelah bimbingan secara kelompok, dan pada pembimbingan individu naik menjadi 3,57. Oleh karena itu dengan tidak memperhatikan kemungkinan lain yang bisa terjadi, maka hipotesa tindakan penelitian ini dapat diterima kebenarannya.Kata kunci: Kemampuan Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Pembimbingan Terfokus, Pendekatan Kolaboratif.
UPAYA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU STUDI KASUS DI SMP N 4 KETAPANG Sukarmin, Sukarmin
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v4i1.40880

Abstract

AbstrakPenelitian ini difokuskan: 1. Strategi apa saja yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 4 Ketapang. 2. Faktor apa saja yang menjadi kendala dan pendukung dalam peningkatan profesionalisme guru di SMPN4 Ketapang. 3. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam menangani faktor kendala peningkatan profesionalisme guru di SMPN 4 Ketapang Kabupaten Ketapang. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah rancangan kualitatif dengan metode pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran-saran kepada Kepala sekolah agar tetap berpegang teguh dalam melaksanakan peran kepemimpinannya sebagaimana yang telah dikembangkannya sekarang ini, peningkatan kinerja tenaga pendidik secara terus menerus diupayakan dengan semangat kekeluargaan, kebersamaan, dan keteladanan karena tercapainya tujuan pendidikan yang baik sangat tergantung dari hasil kerja dari para tenaga pendidik. Para tenaga pendidik agar senantiasa meningkatkan disiplin dan menunjukkan etoskerja yang maksimal agar permasalahan-permasalahan yang dihadapi tidak dijadikan alasan untuk berkinerja yang rendah. Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang diharapkan dalam melaksanakan rekrutmen kepala sekolah agar lebih didasarkan pada prosedur dan peraturan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yakni harus memenuhi persyaratan-persyaratan administrasi seperti kepangkatan, masa kerja, berkedudukan sebagai tenaga fungsional, berlatar belakang pendidikan, berpengalaman, berkelakuan baik, dan loyal terhadap negara Indonesia.Kata Kunci: Meningkatkan, Kinerja Guru, Studi Kasus, Upaya Kepala Sekolah.
PENINGKAT KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN PEMODELAN PADA SISWA SMP Sosimus, Sosimus
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jurnalkpk.v4i1.40886

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis berita melalui teknik pemodelan di SMPN 4 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Hipotesis tindakan yang akan diuji adalah kemampuan siswa dalam menulis berita dapat meningkat melalui teknik pemodelan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII,B sebanyak 33 orang di SMPN 4 Sukadana Kabupaten Kayong Utara . Data dikumpulkan melalui instrumen, observasi langsung di lapangan dan menghasilkan data awal kemampuan siswa dalam menulis berita sebesar 48,33 kategori kurang. Kemudian atas dasar pengamatan dan hasil pra siklus di atas,maka dilakukan penelitian dengan kegiatan 2 siklus dimana siklus ke 1 menunjukkan hasil peningkatan menjadi 68,33 kategori baik dan pada siklus ke 2 menjadi 87,50 kategori amat baik ,hal ini berarti mengungkapkan bahwa melalui teknik pemodelan dalam pembelajaran terhadap siswa dapat meningkatkan kemampuannya di SMPN 4 Sukadana Kabupaten Kayong UtaraKata Kunci : Kemampuan, Menulis Teks Berita, Teknink Pengamatan Pemodelan

Page 1 of 2 | Total Record : 13